Kamis, 25 November 2010

Analisis Faktur YAMAHA UTAMA MELATI CV. SUMBER BARU MOTOR MELATI

Oleh : Rodes (Accounting 2008 UMY)

1.       Kertas

a.       Lama dokumen disimpan menurut Faktur tersebut akan bertahan selama 3 tahun dan selanjutnya akan berubah warna menjadi putih kekuningan.

b.      Penanganan dokumen tersebut masih bersifat halus karena dikerjakan oleh staf khusus yang merupakan bagian keuangan, notabenenya adalah perempuan.

c.       Lingkungan kerja Dokumen berada pada kondisi panas karena merupakan faktur pergantian spare parts motor, tetapi penanganannya yang dilakukan oleh Staf sangatlah bersih disebabkan mereka hanya bertugas menuliskan dan menerima permbayaran atas faktur yang dibuat.

d.      Metoda Pengisian Data yang dilakukan adalah dengan ditulis, Hal ini dapat memicu cek kosong dan manipulasi data.

e.      Keamanan menurut kami sudah cukup baik karena telah ada salinan atau copy dari faktur itu sendiri sebagai arsip mereka

2.       Ukuran

a.       Ukuran yang dibuat berdasarkan ukuran kertas Quarto dibagi menjadi dua bagian, dengan sedikit diperkecil sepanjang 0,5 cm pada bagian sebelah kanan.

3.       Warna

a.       Warna pada Faktur ini sangatlah mudah dibaca dan jelas karena berwarna hitam, apabila di fotocopy tulisan akan tercopy dengan jelas.

b.      WarnaTerang yang terdapat pada faktur ini karena menggunakan warna hitam Bold.

4.       Judul

a.       Faktur ini merupakan faktur pernjualan yang diterbitkan oleh CV. SUMBER BARU MOTOR MELATI, kegunanaan dokumen dasar ini adalah untuk menunjukkan berapa jumlah harga per unit, harga total, jenis spare parts yang digunakan dan banyak item yang dipesan. Sehingga didapatlah jumlah total uang yang harus dibayar oleh konsumen.

b.      Faktur ini berisi judul yang singkat dan jelas dan tidak terlalu memakan banyak ruang.

5.       Nomor

Nomor yang digunakan dalam Faktur penjualan ini sudah unik, faktur ini bernomor 038458/ 53999/ SP/ DWI, ini merupakan contoh faktur yang jelas tata urut nomor fakturnya.

6.       No. Urut

Nomor urut yang digunakan adalah berjumlah 6 digit nomor, dan faktur ini bernomor urut 038458. Sehingga mudah untuk dilakukan pengecekan terhadap faktur-faktur apabila dikemudian hari akan dilakukan audit.

7.       Halaman

Faktur ini tidak memiliki nomor halaman karena fakturnya tidak lebih dari 1 halaman

8.       Spasi

Spasi yang digunakan adalah single spacing, dan dilakukan penyesuaian berdasarkan keinginan perusahaan. Dan Huruf yang digunakan dalam faktur ini didominasi oleh huruf Kapital.

9.       Caption

Menurut kami Faktur ini kurang lengkap apabila ditinjau dari segi Kata-kata yang harus diisi. Mengapa demikian, di sini kami menemukan tidak adanya Nama Konsumen, Alamat Konsumen, Nomor kontak konsumen kepada siapa faktur ini ditujukan. Pada isian Bagian Keuangan tidak diketik tempat kolom pengisian nama terang Bagian Keuangan dan tidak adanya tempat/ kolom isian otorisasi dari konsumen seperti kolom paraf atau tandatangan. Pada faktur ini bagian Keuangan tidak memberikan tanda otorisasi yang sah, karena tidak ditandatangani.

10.   Pembagian Ruang

Pembagian ruang pada faktur ini adalah
























ORGANISASI
JUDULNOMOR FAKTUR
OBJEK
ITEM
BERITAJUMLAH
OTORISASI

Nama Anggota Kelompok 9 :

1. A. RODES MEDO

2. AINI KUSUMA PUTRI

3. LUTFI MUKHTAR

0 komentar:

Info Muda Mendunia

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.